DPMPTSP Pekanbaru Manjakan Pelaku Usaha Dengan Inovasi Probis dan Geliat UMKM Secara Gratis

Mawardi Tombang
Kamis, 16 September 2021 10:30:59
Mall Pelayanan Publik (MPP) DPMPTSP Pekanbaru

Pekanbaru - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru terus menyajikan inovasi menarik dan strategis dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Pekanbaru. Inovasi tersebut baik dalam bentuk program langsung maupun secara tidak langsung. Diharapkan dari inovasi ini, akan lahir pelayanan yang cepat, sederhana dan memuaskan masyarakat Kota Pekanbaru.

Seperti yang dilakukan oleh Bidang Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal DPMPTSP Kota Pekanbaru yang melaksanakan program Promosi Bisnis atau lebih popular dengan sebutan Probis. Probis ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan usaha besar yang ada di Kota Pekanbaru dengan berlandaskan kepada SK Walikota. Program Probis ini merupakan kegiatan yang baru dilaksanakan oleh DPMPTSP Kota Pekanbaru dalam upaya untuk membantu para pelaku usaha agar dapat mempromosikan usaha atau bisnisnya dengan pembuatan liputan video profil usaha oleh tim kreatif Media Sosial yang berada dibawah bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal.

Plt Kepala DPMPTSP Pekanbaru, M Jamil beserta pejabat di DPMPTSP Pekanbaru

Dalam program Probis ini, DPMPTSP akan memberikan layanan secara gratis. Bahkan video liputan ini nantinya akan ditayangkan di kanal platform media Sosial DPMPTSP Kota Pekanbaru.
Menurut Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal, Dessy Triana, SE, M.Si menyebutkan bahwa promosi usaha secara digital melalui tayangan video perlu digencarkan untuk membangkitkan lagi perekonomian yang ada di Pekanbaru khususnya di masa pandemi sekarang ini.

Baca: RSUD Terbengkalai, DPRD Rohul Bakal Panggil Diskes dan Dirutnya

“Dalam satu bulan terdapat 2 usaha besar yang kami promosikan, Jenisnya beragam, mulai dari sektor industri, jasa maupun perdagangan. Sampai Bulan Agustus ini akun Media Sosial DPMPTSP telah menayangkan sebanyak 8 usaha besar melalui program Probis,” kata Dessy saat ditemui di ruang kerja lantai 2 DPMPTSP Kota Pekanbaru.

Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal, Dessy Triana, SE, M.Si


Untuk teknis pelaksanaannya, Koordinator Probis memilih dan menentukan usaha besar yang akan diliput berdasarkan data perizinan di DPMPTSP. Tahapan pertama melakukan konfirmasi langsung kepada pemilik usaha melalui via telepon, tahapan kedua dilanjutkan dengan survey dan observasi untuk menentukan jadwal syuting dan konsep yang akan diusung. Dan tahapan ketiga melakukan liputan video dan wawancara, dalam proses pengambilan video dan wawancara pelaku usaha, meliputi keunggulan produk, fasilitas yang disediakan, pemasaran, kelebihan dari kompetitor dan alamat usaha.

“Dan tahapan keempat melakukan proses pengeditan oleh tim probis, terakhir video ditayangkan di media sosial resmi milik DPMPTSP Kota Pekanbaru. Selain di media sosial DPMPTSP video Probis juga ditampilkan pada standing display yang ada di dalam Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru, jadi pengunjung atau pengurus izin juga bisa melihat langsung Video Promosi dari DPMPTSP.” tambahnya lagi.

Salah satu lembaga pendidikan yang menggunakan jasa Probis DPMPTSP Pekanbaru

Baca: Gedung RSUD Rohul Terbangkalai,  Hasil Audit Tidak Jelas


Respon dari pelaku usaha sangat tinggi atas inovasi program Probis ini. Terlihat pada komentar, dm instagram dan facebook DPMPTSP Pekanbaru.

"Kita berharap dengan adanya program ini iklim investasi di Pekanbaru bisa membaik, usaha besar dapat bangkit kembali seperti sebelum masa pandemi, terjalinnya kemitraan dengan UMKM Lokal agar perekonomian di Kota Pekanbaru bisa pulih kembali”, harap Dessy.


Bagi pelaku usaha yang mau dipromosikan terutama usaha besar yang baru launching, wajib follow dan subscribe media sosial DPMPTSP, kemudian dm/ kontak kami melalui web dpmptsp.pekanbaru.go.id/promosi/

Geliat UMKM

Inovasi DPMPTSP Pekanbaru tidak saja dengan program Probis. DPMPTSP Pekanbaru juga meluncurkan program GELIAT UMKM. Melalui program UMKM ini, DPMPTSP Pekanbaru juga akan membantu mempromosikan potensi usaha para pelaku UMKM Kota Pekanbaru.

Baca: Disdik: PPDB SD dan SMP di Pekanbaru Dimulai Bulan Depan

DPMPTSP Pekanbaru juga melakukan program antara Geliat UMKM dengan Probis. DPMPTSP Pekanbaru akan melakukan promosi usaha melalui konten video promosi untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya Kota Pekanbaru yang dilakukan oleh Tim Media Sosial Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru.sebagai wadah promosi UMKM dengan menggunakan media sosial Youtube, Instagram dan Facebook resmi DPMPTSP Kota Pekanbaru.

Pelaku UMKM yang menggunakan jasa Probis DPMPTSP Pekanbaru

Inovasi ini juga lahir dari Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal DPMPTSP Pekanbaru. Kepala Bidang PPIPPM, Dessy Triana, SE, M.Si setidaknya saat ini Program GELIAT UMKM sudah memasuki episode ke 25. Sudah berjalan dari bulan Juni tahun 2020 hingga sekarang.

Baca: Pemko Pekanbaru Sanksi Objek Wisata Asia Heritage Terkait Kerumunan

Dessy menjelaskan, dalam satu bulan terdapat 2 pelaku usaha yang dipromosikan oleh Geliat UMKM dengan mengambil segmen yang berbeda setiap tayang, mulai dari kuliner, fashion, kriya sampai aplikasi.

Adapun kriteria pelaku UMKM yang diliput, telah memiliki izin usaha sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PP UMKM), dan izin yang dikeluarkan oleh DPMPTSP, oleh sebab itu Pemerintah Kota Pekanbaru melalui DPMPTSP di Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal memberikan reward kepada pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya melalui program GELIAT UMKM.

Salah satu fasilitas promosi DPMPTSP Pekanbaru di MPP Pekanbaru

Baca: Sambut Lebaran, Arnita Sari Berikan Bingkisan untuk Anak Yatim di Pekanbaru

“Istilahnya jemput bola, pada prinsipnya pemerintah melakukan pelayanan bagi masyarakat,” ujar Dessy.

Program ini mendapat apresiasi yang luar biasa dari para pelaku usaha UMKM. Seperti pelaku UMKM bernama Fitri yang mengungkapkan bahwa dia sangat berterima kasih kepada DPMPTSP Kota Pekanbaru yang telah membantu mempromosikan usaha.

“Kami berharap melalui program GELIAT UMKM ini, produk yang dipromosikan dapat lebih dikenal di masyarakat, omset dan pendapatan meningkat dan terjalin kemitraan dengan usaha besar (PMA/PMDN)” harap dessy.

Bagi pelaku UMKM yang mau dipromosikan terutama pelaku UMKM yang baru launching, wajib follow dan subscribe media sosial DPMPTSP, kemudian dm/ kontak kami melalui web dpmptsp.pekanbaru.go.id/promosi/. ***

Terkait
Disambangi Pengurus SPS Riau, Yulisman: Ini Asosiasi Pers Tertua Yang Disegani
Disambangi Pengurus SPS Riau, Yulisman: Ini Asosiasi Pers Tertua Yang Disegani
Pemko Pekanbaru Serahkan SK 96 Orang Imam Masjid Paripu
Masa Transisi, Kabid Pengelolaan Sampah DLHK Pekanbaru
Kadis DLHK Pekanbaru Diingatkan Jangan Bermain Api Jela
Lainnya
Gubri Puji PTPN V Salurkan 50.000 Masker di Masa Covid-19
Gubri Puji PTPN V Salurkan 50.000 Masker di Masa Covid-19
Kisruh KNPI Kampar, Afdhal Minta Anggi Fokus Pada Pelan
Selamat Datang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo
Polres Aceh Besar Musnahkan Tiga Hektare Ladang Ganja
Daerah
Gubri dan Wagubri Tinjau Perbaikan Jalan Petapahan, Minta Siapkan Petugas Jaga
Gubri dan Wagubri Tinjau Perbaikan Jalan Petapahan, Minta Siapkan Petugas Jaga
Bangun Kebersamaan Cegah Stunting, Disdalduk Pekanbaru
Kabar Duka, Ketua MKA LAM Riau, Datuk Seri Al Azhar Waf
Viral
Polda Sumut Angkat Bicara soal Video Mahasiswa Berjaket Hijau Tua (USU) Dipukuli Oknum Polisi
Polda Sumut Angkat Bicara soal Video Mahasiswa Berjaket Hijau Tua (USU) Dipukuli Oknum Polisi
Posko Darurat Asap PKS Riau, Dari Over Kapasitas Hingga
Warga Besitang Meninggal Dalam Kamar Hotel Budi Baru, D
Ekonomi
SPR Langgak Latih UMKM Binaan Dalam Pengelolaan Limbah Produksi
SPR Langgak Latih UMKM Binaan Dalam Pengelolaan Limbah Produksi
Masa Pandemi, Riau Jadi Pilihan Pengusaha Sumatera, Api
Raih Penghargaan Nasional Bidang Migas, PT SPR: Ini Cap
Pariwara
Pengelolaan Sampah Kota Pekanbaru Makin Baik, Lampaui Target Nasional
Pengelolaan Sampah Kota Pekanbaru Makin Baik, Lampaui Target Nasional
Pemko Pekanbaru Gelar Penandatanganan dan Serah Terima
Tenda Ceper Kembali Marak di Pekanbaru, DPRD Minta Pera
Lifestyle
Ringankan Beban Korban Kebakaran, Forum Pekanbaru Kota Bertuah Salurkan Bantuan
Ringankan Beban Korban Kebakaran, Forum Pekanbaru Kota Bertuah Salurkan Bantuan
BINCANG KHUSUS | Presiden IMA Chapter Pekanbaru, Peng S
Keluarga Besar Piliang Bersatu Wilayah Riau Bagikan Mas
Ottech
Wali Kota Batam Sambut Menkominfo Tinjau Proyek Pembangunan Data Center
Wali Kota Batam Sambut Menkominfo Tinjau Proyek Pembangunan Data Center
Awas.. Ada Judi Berbungkus Game Anak-Anak di iOS
Begini Tipe Perilaku Penipuan di Whatsapp dan Cara Meng
Leisure
Sukses di Butik dan Make Up, Fifi dan Budhitama Rambah Dunia Kuliner, Hadirkan Street Boba Pekanbaru
Sukses di Butik dan Make Up, Fifi dan Budhitama Rambah Dunia Kuliner, Hadirkan Street Boba Pekanbaru
Dorong Tumbuhnya Pariwisata Batam, Disbudpar Batam Gela
Demi Dibukanya Pariwisata Kepri, 30 Ribu Pelaku Parekra