Kades di Teluk Belengkong dan Pulau Burung Inhil Ngadu ke Syahrul Aidi, Mereka Tertinggal

Mawardi Tombang
Selasa, 6 April 2021 09:53:10

KANALSUMATERA.com - Tembilahan - 3 jam naik speed boat dari Tembilahan dan disambung dengan naik Pucai dan kendaraan bermotor tidak mengendorkan semangat Syahrul Aidi, anggota Komisi V DPR RI fraksi PKS, bertemu dengan para Kepala Desa (Kades) Kecamatan Teluk Belengkong dan Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir.

Antusiasme warga menyambut Syahrul Aidi luar biasa saat beliau didaulat mengisi mauizatul hasanah di Masjid Darul Muttaqin Desa Hibrida Jaya sebagai pusat kegiatan, Ahad (4/4/2021). Perlu diketahui, Syahrul Aidi tidak pernah meninggalkan profesi beliau sebagai pendakwah setiap melakukan kunjungan ke daerah.

Kemudian pada Senin (5/4/2021) pagi diadakan pertemuan dan silaturahmi beliau dengan kades, unsur perusahaan, TP PKK Desa, tokoh masyarakat se-Kecamatan Teluk Belengkong dan Pulau Burung. Namun bukan mereka saja, ada beberapa Kades yang datang khusus dari Kecamatan Keritang dan Kateman untuk menyampaikan aspirasinya.

Salah satu isu utama yang dibawa oleh para Kades adalah bagaimana caranya agar dua kecamatan tersebut keluar dari daerah terisolir dan bahkan beberapa desa masih terkategori desa tertinggal. Sebab menurut para Kades, kondisi geografis wilayah mereka sudah berada di perbatasan Provinsi Riau dan Laut Cina Selatan.

Baca: Dinas PUPR Kota Pekanbaru Akan Bangun Tanggul Penahan Air di Sungai Sibam

Kades Hibrida Jaya Teluk Belengkong, Beni Setiawan, sebagai tuan rumah menyampaikan bahwa banyak desa di Teluk Belengkong dan Pulau Burung yang berstatus desa tertinggal. Pelayanan dasar seperti infrastruktur jalan, air bersih, hingga listrik tidak maksimal. Listrik hanya dialiri pada malam hari, sementara kondisi air, warnanya sudah sama dengan warna air teh.

"Dari semua persoalan mendasar di Teluk Belengkong dan Pulau Burung adalah akses transportasi. Jalan dan jalur laut. Dari dua kecamatan ini, akses yang paling memungkinkan adalah dari Teluk Belengkong menuju Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan. Sejauh 35 kilometer. Jalur ini badan jalan telah siap. Tapi selama ini tidak ada perawatan sehingga rusak total dan tidak dapat dilewati oleh kendaraan roda empat" terang Beni Setiawan di depan forum dan Syahrul Aidi.

Hal itu diiyakan juga oleh Camat Teluk Belengkong, Agus yang datang satu rombongan Syahrul Aidi dari Tembilahan. Ia menyampaikan kedatangan Syahrul Aidi sudah ditunggu sejak lama oleh warga.

"Akhirnya ustadz dapat bersilaturahmi dengan masyarakat, dan Kades disini. Untuk menampung aspirasi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup tiap keluarga. Semoga dilimpahi berkah rahmat demi kebaikan kita bersama. Dalam rangka akses infrastruktur maupun perekonomian." kata Camat Agus.

Baca: Empat Bapenda Lakukan Penandatanganan MoU Terkait Pajak Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Hal yang sama disampaikan juga oleh Kades Bukit Sari Intan Jaya Kecamatan Pulau Burung, Sujoko. Sujoko menyebut masyarakat Bukit Sari Intan akan sangat bersyukur kalau akses jalan dari Teluk Meranti dapat segera diperbaiki

"Saat ini akses jalan yang paling penting bagi kami. Sama, itu satu usulan bersama. Jalannya adalah tanah gambut, kalau hujan luar biasa (rusaknya)" kata Sujoko.

Selain meminta dicarikan solusi terkait infrastruktur dasar tadi, para Kades juga berharap adalah semenisasi jalan dan jembatan antar desa. Kemudian tak kalah penting adalah peningkatan ekonomi warga.

Beni Setiawan menambahkan ekonomi masyarakat dua kecamatab tersebut bergantung kepada kelapa. Harga kelapa saat ini katanya memang stabil, tapi tidak sesuai dengan harapan petani.

Baca: Juara Padang Open Turut Ramaikan Turnamen Archery Camp di Kuntu

"Kami tidak tau akan mengadu kemana, tapi lahan kelapa kami disini adalah pola bapak angkat dengan perusahaan, saat ini kami sering diteror oleh pihak bank karena angsuran bulan macet. Macetnya yaitu ada beberapa bulan lalu harga kelapa anjlok sehingga kami tidak dapat membayar angsuran. Kami harap ini juga difasilitasi" kata Beni.


Syahrul Aidi saat diberi kesempatan berbicara, menyampaikan bahwa apa laporan ke dia beberapa pekan yang lalu terkait kondisi di Teluk Belengkong dan Pulau Burung sudah dilihatnya secara langsung. Bahkan kondisinya jauh lebih parah dari laporan awal.

"Dua hari disini, saya mendapat banyak masalah disini. Terutama tentang akses transportasi dan taraf hidup masyarakat. Melihat kondisi ini, saya akan berusaha maksimal agar masyarakat keluar dari permasalahannya. Tapi, tidak semua permasalahan bisa saya beri solusi. Akan saya upayakan berkoordinasi dengan pihak terkait." kata Syahrul Aidi.

Syahrul Aidi menyampaikan ada beberapa program di kementerian mitra Komisi V yang dapat disalurkan di Inhil, yaitu program Program Infrastruktut Sosial Ekonomi Warga (PISEW) untuk perbaikan infrastruktur antar desa, kemudian ada juga rehab rumah, dan penyediaan air bersih.

Baca: Jelang Pelantikan, PK KNPI Bina Widya Gelar Rapat Konsolidasi Pengurus

"Kemudian ada juga perbaikan dermaga rakyat untuk pelabuhan alat transportasi laut. Ada juga program khusus untuk desa tertinggal." kata Syahrul Aidi.

Untuk semua usulan program tersebut,
Syahrul Aidi meminta Kades dan camat menyiapkan segera mungkin usulan perbaikan. Dia juga meminta ke perusahaan agar melepaskan jalan dari kawasannya agar dapat diperbaiki oleh pemerintah.

"Terkait akses jalan dari sini ke Teluk Meranti Pelalawan, saya akan mencoba berkoordinasi dengan gubernur. Karena itu merupakan kewenangan dia. Saya usahakan semaksimal mungkin" kata Syahrul Aidi.

Selain berbicara program, para Kades juga menyampaikan ucapan terima kasih mereka karena Syahrul Aidi memperjuangkan kesejahteraan para kepala desa se-Indonesia. Dan juga mereka mengklaim bahwa Syahrul Aidi adalah satu-satunya anggota DPR RI yang datang ke wilayah mereka selama ini. ***

Terkait
Dua Bayi Asal Pekanbaru dan Kampar Terpapar Covid-19
Dua Bayi Asal Pekanbaru dan Kampar Terpapar Covid-19
Tokopedia Gandeng Rumah Yatim Berikan Kado Akhir Tahun
Iwan Kurniawan Ajak Pemuda Kampar Sukses Bersama HIPMI
AMPG Riau Goro Bersihkan Masjid Al Mubarok Pekanbaru
Lainnya
Herman Rozie: Anak Cucu Kita Berhak Mewarisi Lingkungan Yang Terjaga
Herman Rozie: Anak Cucu Kita Berhak Mewarisi Lingkungan Yang Terjaga
Indomaret Serahkan Bantuan ke Pemko Pekanbaru
BKSDA usir harimau yang memangsa ternak warga di Agam
Ribuan Bungkus Mi Instan dari Kapal Karam di Karimun
Olahraga
Batam Segera Miliki Sirkuit Motor GP, Ketua MPR Dukung Penuh
Batam Segera Miliki Sirkuit Motor GP, Ketua MPR Dukung Penuh
Turnamen Boxing Piala Wako Batam Sukses Digelar
Keluarga Besar Kecamatan Binawidya Canangkan Olahraga B
Kriminal
Lawan Terorisme, Indonesia Dapat Tiru Konsep CTAP Selandia Baru
Lawan Terorisme, Indonesia Dapat Tiru Konsep CTAP Selandia Baru
Bom Bunuh Diri di Makasar, Pelaku Pasangan Suami Istri
Polresta Pekanbaru Berhasil Tangkap Tahanan Narkoba Yan
Ottech
Wali Kota Batam Sambut Menkominfo Tinjau Proyek Pembangunan Data Center
Wali Kota Batam Sambut Menkominfo Tinjau Proyek Pembangunan Data Center
Awas.. Ada Judi Berbungkus Game Anak-Anak di iOS
Begini Tipe Perilaku Penipuan di Whatsapp dan Cara Meng
Viral
Polda Sumut Angkat Bicara soal Video Mahasiswa Berjaket Hijau Tua (USU) Dipukuli Oknum Polisi
Polda Sumut Angkat Bicara soal Video Mahasiswa Berjaket Hijau Tua (USU) Dipukuli Oknum Polisi
Posko Darurat Asap PKS Riau, Dari Over Kapasitas Hingga
Warga Besitang Meninggal Dalam Kamar Hotel Budi Baru, D
Budaya
Museum Batam Raja Ali Haji Distandarisasi, Kemendikbud: Jangan Asal Taruh Barang Saja
Museum Batam Raja Ali Haji Distandarisasi, Kemendikbud: Jangan Asal Taruh Barang Saja
Gubernur Sumsel Optimis Kain Khas Sumsel Tembus Pasar N
Aksi Tari Losung Desa Ranah Sungkai Kampar Pukau Pengun
Entertainment
Tunggu ya , Serial Televisi Star Wars Segera Diproduksi
Tunggu ya , Serial Televisi Star Wars Segera Diproduksi
Ustadz Abdul Somad di Medan: Ngeri-ngeri Sedap Juga Kur
Peserta BPJS Kesehatan Kabupaten Solok Apresiasi Pelaya
Fokus Redaksi
Soal Ujian SD di Solok Dinilai Lecehkan Nabi Muhammad, Polisi Periksa Semua Pihak
Soal Ujian SD di Solok Dinilai Lecehkan Nabi Muhammad, Polisi Periksa Semua Pihak
Pedagang Makanan dan Obat Ilegal di Situs Online Ogah C
Lahan Terbakar di Bintan Hanguskan Rumah Sekcam dan Men